Lihat Di Sini Nama Nama Ilmiah Hewan Lengkap

Selengkapnya Di Sini Nama Nama Ilmiah Hewan Lengkap. Indonesia terbagi menjadi dua zoogeografi yang dikuasai oleh garis Wallace. Garis Wallace membelah Selat Makassar menuju ke selatan sampai ke Selat Lombok. Jadi, garis Wallace memisahkan kawasan Oriental (termasuk Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan) dengan kawasan Australia (Sulawesi, Irian, Maluku, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur). Fauna di tempat Sulawesi punya ciri-ciri peralihan di antara keduanya. Kali ini, yuk kita bahas tentang macam dan ciri-ciri binatang yang ada di daerah Oriental.





Baca Dulu Rusa dan Nama Nama Ilmiah Hewan Lengkap. Ciri khas rusa paling mudah dikenali adalah anthler atau disebut tanduk rusa. Bukan tanduk lazim seperi halnya tanduk domba. Tanduk rusa ini tumbuh dari jaringan hidup berupa tulang padat yang biasanya dimiliki rusa jantan yang setiap tahunnya berganti tanduk.  ini disebabkan tanduk rusa yaitu jaringan hidup yang paling cepat tumbuh di muka bumi. Rusa malahan merupakan hewan herbivora memakan rerumputan, biji-bijian dan keberadaanya menjadi santapan hewan predator seperti Harimau, Singa, dan lainnya. Malahan tak jarang menjadi buruan manusia. Walaupun demikian rusa masih melimpah di semua dunia sehingga bukan termasuk binatang yang dilindungi. Rusa mempunyai banyak otot di kuping.  ini memungkinkan mereka untuk merubah arah kuping tapi mereka tak semestinya memindahkan tubuh nya. Kemampuan rusa mendengarkan jauh lebih baik ketimbang manusia. Rusa bisa menangkap frekuensi-frekuensi yang manusia tidak bisa. Mereka juga dapat merubah alat pendengar mereka ke semua arah tanpa memutar kepala mereka. Kebanyakan orang tidak tahu bahwa rusa kapabel berenang. Rusa memiliki mata yang berada di sisi kepala, sehingga mereka mempunyai pandangan 310 derajat. Rusa termasuk binatang pelari cepat. Kecepatan rata-rata rusa merupakan 35 mil per jam untuk jarak pendek. Muatan rusa lazimnya berkisar dari 40 – 680 kilogram. Rusa tak berbau sehingga jarang terdeteksi predator selama mereka berada diluar pandangan predator. Sekitar 1,5 juta kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan tiap-tiap tahunnya dalam kasus menabrak rusa. Tarif kecelakaan ini mencapai sekitar $ 1 juta per tahun. Beroda dijalanan juga mengakibatkan sekitar 150 kematian per tahun di kawasan Amerika.Sesudah musim panas dan sebelum musim dingin atau disebut musim gugur, rusa berubah warna dan mengganti tanduk mereka. Perubahan ini lazimnya terjadi dalam satu atau dua minggu. Rata-rata bentang hidup rusa di alam liar yakni 15- 20 tahun. Tetapi, dapat bervariasi berdasarkan lokasi dan spesies. Fakta di atas mungkin belum semuanya, tetapi cukup membuat kita kagum mengenai keunikan rusa yang disimbolkan sebagai hewan anggun dengan tanduknya yang indah.


Lihat Di Sini Orang Hutan dan Nama Nama Ilmiah Hewan Lengkap. Orangutan dapat hidup hingga 45 tahun. Orangutan dan manusia mempunyai kesamaan DNA hingga 97%. Ada dua jenis orangutan di dunia, adalah orangutan Borneo (Pongo pygmaeus) dan orangutan Sumatra (Pongo abelii). Orangutan tinggal di hutan tropis dan rawa-rawa. Orangutan mengkonsumsi buah dan daun-daunan, kulit, bunga, madu, serangga, tumbuhan merambat dan tunas dari tumbuhan. Orangutan mulai berkembang biak pada usia 7 hingga 10 tahun. Orangutan yakni satwa terancam punah dan dilarang ditangkap dan diperjualbelikan sebab jumlahnya semakin sedikit. Di habitat alaminya, jumlah orangutan di Borneo sekitar 23.000 dan orangutan Sumatra sekitar 12.000. Borneo terbagi antara Malaysia, Indonesia dan Brunei. Pada tahun 2007, pemerintah ketiga negara hal yang demikian menandatangani deklarasi bersejarah untuk melindungi Heart of Borneo. Sebuah kawasan perbatasan, dataran tinggi hingga dataran rendah yang menyambungkan ketiga negara. WWF mendorong Malaysia, Indonesia dan Brunei untuk mengonservasi hutan hujan seluas 220.000 km2, yang hampir sepertiga luas Pulau Borneo, via jejaring kawasan lindung dan lahan yang dikelola secara berkelanjutan.  


Ini Dia Kangguru dan Nama Nama Ilmiah Hewan Lengkap. Bukti fosil menonjolkan bahwa kangguru sudah hidup di Australia sekitar 25 juta tahun. Pada waktu itu, benua tersebut ditutupi oleh hutan hujan dan kangguru bertahan hidup dengan mengonsumsi dedaunan dari pohon. Pada zaman Pliosen, antara 2.5 dan 5 juta tahun lalu, hutan hujan di kontinen Australia mulai mengering dan lebih terkonsentrasi di tempat pesisir dan utara, sehingga kawasan hutan sklerofil terbuka dan padang rumput meluas. Kangguru berevolusi menjadi sebagian jenis termasuk leluhur kangguru moderen seperti Makropus, yang sudah menyesuaikan diri dengan lahan terbuka. Para peneliti membandingkan inovasi mereka dengan analitik isotop dari gigi kangguru moderen dari bermacam-macam penjuru di Australia, untuk mencari tahu pola makan hewan zaman Pliosen. Louys mengatakan isotop karbon menampakkan bahwa para binatang hidup di padang rumput dan hutan. Sementara kangguru tipe Troposodon hanya makan dedaunan, Makropus dan Protemnodon makan campuran dedaunan dan rerumputan. \"Mereka hidup pada zaman Pliosen dan masih bertahan hingga sekarang berarti mereka cakap untuk mengikuti keadaan dengan lingkungan mereka,\" katanya. Salah satu penemuan tak terduga dari penelitian isotop oksigen adalah bahwa iklim Pliosen di Queensland Tenggara tak sekering yang diperkirakan sebelumnya.


Terungkap Fakta Koala dan Nama Nama Ilmiah Hewan Lengkap. Sepanjang hidupnya koala aakn lebih sering kali menonjol tidur, ketimbang menjalankan kesibukan lain. Hewan-binatang ini tiap harinya akan tertidur selama 18 sampai 22 jam dan sisanya mereka gunakan untuk makan. Jumlah daun eukaliptus yang mereka makan juga tidaklah sedikit yakni kurang lebih sebanyak 1 kg. Sebagai bayangan, 1 mangkuk nasi yang umum kita makan itu adalah 125 gram, jadi sekiranya dibandingi, koala dapat memakan sekitar 9 mangkuk nasi setiap harinya. Seperti yang telah diketahui secara umum, koala adalah binatang endemik atau hewan khas Australia yang benar-benar cuma dapat ditemukan di negara hal yang demikian. Satu-satunya kemungkinan Anda dapat melihatnya di luar Australia merupakan sebab mereka dirawat seseorang atau dengan kata lain di kebun binatang. Bulu koala sering digambarkan benar-benar lembut dan halus.  itu tak salah, tapi lebih ideal mereka dapat dijelaskan seperti bulu domba yang tebal karena koala ialah marsupialia (hewan berkantung Australia) yang mempunyai bulu tertebal dibandingi marsupial lainnya. Kehalusan dari bulu koala juga bersifat relatif dan tergantung dari lingkungan tempat hewan ini hidup, kadang kala bulu mereka justru dapat kasar. Di antara tahun 1908 hingga 1927, ada lebih dari 2 juta koala yang diburu di alam liar, hal itu juga belum memperhitungkan predatornya. Ditambah lagi dengan kemajuan zaman dan penebangan hutan liar, maka habitat koala benar-benar sudah merosot sampai 90% dibandingi sebelumnya. Di alam liar, diperkirakan hanya ada sekitar 6.000-8.000 koala.